Home > Politik

Dinda Rembulan, Putri Wartawan Emron Pangkapi Dilantik Sebagai Anggota DPD

Sebagai anggota DPD dirinya akan membawa dan memperjuangkan aspirasi dari masyarakat Babel.
Anggota DPD Dinda Rembulan bersama kedua orang tuanya Emron Pangkapi (keempat dari kanan) dan stafnya usai pelantikan di komplek parlemen, Senayan. (FOTO: Dok)
Anggota DPD Dinda Rembulan bersama kedua orang tuanya Emron Pangkapi (keempat dari kanan) dan stafnya usai pelantikan di komplek parlemen, Senayan. (FOTO: Dok)

KINGDOMSRIWIJAYA, Jakarta – Selasa, 1 Oktober 2024, sebanyak 580 anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan 152 anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya untuk masa bakti 2024-2029.

Dari 152 anggota DPD yang dilantik, adalah Dinda Rembulan anggota DPD dari Provinsi Kepulaun Bangka Belitung (Babel). Perempuan kelahiran 1995 ini adalah putri dari wartawan Emron Pangkapi seorang wartawan senior dari Babel yang sempat bergabung pada beberapa media massa nasional.

Emron yang juga tokoh pendiri Provinsi Babel dan sempat menjadi Ketua DPRD Babel pertama dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengungkapkan rasa sykur dain terima kasih. “Saya keluarga berterima kasih kepada masyarakat Bangka Belitung yang telah memilih dan mendukung putri kami Dinda Rembulan sehingga bisa mewakili Babel ke Senayan sebagai anggota DPD”, ujarnya di gedung parlemen Senayan.

Ungkapan yang sama juga disampaikan Dinda. “Saya sampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat Bangka Belitung yang telah mempercayakan saya memegang amanah sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah periode 2024-2029”, kata senator perempuan yang sempat mengenyam pendidikan di University Of Northumbria At Newcastle Singapore (2015 – 2017).

Menurut Dinda sebagai anggota DPD dirinya akan membawa dan memperjuangkan aspirasi dari masyarakat Babel. Usai pelantikan dan masa persidangan pertama DPD, Dinda berencana akan mengadakan syukuran dan doa bersama dengan perwakilan dari elemen masyarakat Babel.

“Pelaksanaan syukuran akan berlangsung di Jakarta, di Bangka dan di Belitung. Keberhasilannya menjadi anggota DPD itu adalah doa banyak orang dan hasil kerja banyak pihak yang membantu secara langsung ataupun membantu secara diam-diam”, ujar Dinda yang kini tengah menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Politik di Universitas Indonesia (UI).

Menurut Dinda sebagai senator di parlemen akan berupaya dengan sekuat tenaga menjawab harapan masyarakat Babel sesuai dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang melekat sebagai anggota DPD.

“Saya tidak ingin banyak berjanji tetapi akan berupaya mengerjakan hal-hal yang pernah disampaikan ketika bertemu dengan masyakarakat pada masa kampanye dulu. Diantaranya program pendidikan, perempuan, anak, UMKM dan pariwisata”, katanya.

Bidang tersebut menjadi perhatian Dinda Rembulan karena terakit dengan masalah peningkatan kualitas sumber saya manusia dan pertumbuhan ekonomi keluarga dan daerah.

“Mohon doa semua masyarakat Bangka Belitung, agar saya selalu diberi kesehatan, petunjuk dan kekuatan untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab ini sampai selesai”, ujar Dinda yang usai pelantikan mengikuti agenda Sidang Paripurna ke-2 DPD RI.

Selama tiga hari pertama, DPD RI melakukan sidang marathon membahas sejumlah agenda, diantaranya pemilihan pimpinan DPD RI periode 2024-2029 dan pemilihan pimpinan MPR unsur DPD.

Dari Provinsi Babel, selain Dinda Rembulan masih ada tiga anggota DPD lainnya, yaitu Zuhri M Syazali yang mengumpulkan 116.051 suara, Bahar Buasan 102.065 suara dan Darmansyah Husein 80.188 suara. Dinda Rembulan memperoleh 86.813 suara. (maspril aries)

× Image