Binaan PTBA dan Pertamina Sukses Promosi pada Hari UMKM Nasional
UMKM Produk Lokal
Sementara PTBA menurut Niko Chandra, juga melakukan upaya pendampingan dan pembinaan untuk UMKM di sekitar wilayah operasi perusahaan. Guna meningkatkan akses keuangan misalnya, PTBA menyediakan peminjaman dana sejak tahun 1992 hingga 2022. Peminjaman dana kini dialihkan dengan kerjasama antara PTBA dan BRI.
Juga mutu produk UMKM binaan ditingkatkan melalui bantuan alat produksi, kemasan, dan sebagainya. Lalu untuk memperluas akses pasar, PTBA melakukan pelatihan dan bekerja sama dengan PaDi UMKM serta platform digital e-commerce lainnya. Melaksanakan pelatihan foto produk, online marketing, promosi dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM,
BUMN tamban batu bara yang berpusat di Tanjung Enim ini juga mendirikan Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) dan Rumah BUMN sebagai wadah bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya. Sepanjang 2023, PTBA telah menggelar 42 pelatihan, mengikutsertakan UMKM binaan ke 20 pameran dan bazar, 3 kali magang dan site visit, serta memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk 10 UMKM binaan. Hasilnya, sebanyak 240 UMKM binaan berhasil naik kelas pada 2023.
Menteri Teten Masduki pada pembukaan Hari UMKM Nasional menyampaikan bahwa pemerintah juga terus mempercepat implementasi belanja 40 persen produk lokal, termasuk menyerap produk-produk UMKM.
“Pemerintah juga mendorong percepatan implementasi penggunaan 30 persen ruang publik untuk kegiatan usaha UMKM. Sudah saatnya UMKM mengalami transformasi dan inovasi, untuk mencapai target Indonesia di Tahun 2045 sebagai negara berpendapatan tinggi”, kata menteri mantan aktivis YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia). (maspril aries)