Home > Olahraga

PON Aceh-Sumut 2024: Lifter Angkat Besi Putri Indah Afriza Raih Medali Emas Pertama Sumsel

Atlet berusia 20 tahun itu turun pada kelas 71 kilogram putri bersaing dengan lima lifter putri lainnya.

Lifter Putri Indah Afriza peraih medali emas pertama Sumsel PON XXI Aceh - Sumut dari cabang angkat besi. (FOTO: Website PON Aceh-Sumut)
Lifter Putri Indah Afriza peraih medali emas pertama Sumsel PON XXI Aceh - Sumut dari cabang angkat besi. (FOTO: Website PON Aceh-Sumut)

Dengan capaian meraih satu medali emas dari cabang angkat besi putri dalam perolehan medali sampai Sabtu malam, Sumsel berhasil meraih satu medali emas, empat medali perak dan empat medali perunggu dengan total 9 medali (1 – 4 – 4). Dengan perolehan tersebut kontingen Sumsel berada pada peringkat 14.

Medali perak Sumsel sebanyak 3 medali diraih dari cabang Paramotor untuk nomor Navigasi (WL Solo) atas nama Andi Wijaya, dari nomor Putri Ekonomi (FL) oleh Rinu Via Mayrila dan dari nomor Putri Navigasi (FL) juga atas nama Rinu Via Mayrila. Satu medali perak lainnya disabet atlet senam putra Fajar Abdul Rohman Al’Ali dari nomor Putra Perorangan Per Alat - Palang Sejajar (Parallel Bars/Kompetisi III).

Empat medali perunggu diraih dari balap sepeda MTB nomor Putri XCO-Cross Country Olimpic atas nama Sofi Intan Fajrianti, tiga lainnya dari cabang senam artistik, dua diraih Abdul Rohman Al’Ali dan satu dari nomor Putra Beregu (Team Final/Kompetisi I).

Lifter Indah Afriza dengan medali emas dan boneka maskot PON Aceh - Sumut 2024. (FOTO: Dinas Kominfo Muba)
Lifter Indah Afriza dengan medali emas dan boneka maskot PON Aceh - Sumut 2024. (FOTO: Dinas Kominfo Muba)

Peraih Emas Olimpiade

Pada pertandingan hari keempat babak final cabang angkat besi, 7 September 2024 tampil atlet angkat besi peraih medali emas Olimpiade Paris Rizki Juniansyah dari Provinsi Banten.

Lifter Rizki Juniansyah sukses meraih medali emas dan memecahkan rekor nasional dengan angkatan total 360 kg sekaligus rekor baru pada kelas 89 kilogram putra yang sebelumnya 337 kilogram atas nama lifter Muhammad Zul Ilmi. Pada nomor 89 kg yang diikuti tujuh lifter putra tersebut, Rizki melakukan angkatan snatch 160 kilogram dan angkatan clean and jerk 200 kg.

Medali perunggu pada nomor ini diraih lifter Jawa Barat atas nama Joko Dwi Suprianto dengan angkatan total 313 kilogram dan Mohamad Najib dari Jawa Tengah berhak atas medali perunggu dengan angkatan total 309 kiligram. (maspril aries)

Catatan Perbaikan:

Berita ini telah menambah satu foto baru.

× Image