Home > Sosok

Anita Noeringhati Perempuan yang Tengah Menulis Sejarahnya

Anita Noeringhati tercatat dalam sejarah parlemen di Sumsel sebagai perempuan pertama yangt menjabat Ketua DPRD Sumsel sejak parlemen daerah ini terbentuk tahun 1951.

RA Anita Noeringhati. (FOTO: Humas DPRD Sumsel)
RA Anita Noeringhati. (FOTO: Humas DPRD Sumsel)

Sikap optimis itu menguat setelah Ketua Partai Golkar Airlangga mengundang pasangan Matahati ke kantor DPP Partai Golkar di Jakarta. Pada 1 Agustus 2024, Airlangga menyerahkan langsung surat keputusan dan rekomendasi kepada Mawardi Yahya – Anita Noeringhati untuk maju pada kontestasi Pilkada 2024 untuk menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumsel.

Sebelumnya, pada pertengahan Juli 2024 Partai Gerindra juga telah menerbitkan surat dukungan yang diserahkan Sekretaris Jendral Ahmad Muzani.

Kini Anita Noeringhati tengah menulis sejarahnya untuk meraih jabatan sebagai Wakil Gubernur Sumsel melalui Pilkada 2024, sekaligus untuk menjadi perempuan pertama yang menduduki pucuk pimpinan eksekutif di Pemerintah Provinsi Sumsel.

Mengutip penelitian ilmiah yang dituangkan dalam tesis berjudul “Faktor Kemenangan RA Anita Noeringhati pada Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan” (2020) oleh Rizki Maharani pada Program Studi Ilmu Politik Universitas Padjdjaran (Unpad) bahwa, Anita memiliki modalitas dan marketing politik yang kuat. Modalitas itu mencakup modal ekonomi, sosial, kultural dan simbolik serta marketing meliputi manajemen kampanye politik, analisis arena pasar politik, pengembangan strategi politik, dan isu kontemporer di dalam marketing politik.

“Modalitas dan marketing politik Anita terjalin sebuah relasi yang saling mendukung untuk kemenangannya. Anita mampu menghubungkan modal-modal yang dimiliki dengan kepentingan politik dengan memanfaatkan relasinya sebagai sumber dukungan”, isi kesimpulan penelitan itu. Kini Anita Noeringhati sedang mengikuti kontestasi menuju puncak eksekutif Pemprov Sumsel melalui Pilkada. (maspril aries)

× Image