Home > Sosok

Anita Noeringhati Perempuan yang Tengah Menulis Sejarahnya

Anita Noeringhati tercatat dalam sejarah parlemen di Sumsel sebagai perempuan pertama yangt menjabat Ketua DPRD Sumsel sejak parlemen daerah ini terbentuk tahun 1951.
RA Anita Noeringhati (kedua dari kanan) dan suami Sigit Wibowo pada peluncuran buku biografi
RA Anita Noeringhati (kedua dari kanan) dan suami Sigit Wibowo pada peluncuran buku biografi "Singa Betina Parlemen Bumi Sriwijaya". (FOTO: Dok. Maspril Aries)

KINGDOMSRIWIJAYA – Masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang akan maju pada kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 telah dibuka. Jadwal pendaftaran sejak Selasa (27/8) sampai Kamis (29/8).

Di Sumatera Selatan (Sumsel) pada Pilkada Gubernur – Wakil Gubernur Sumsel masa jabatan lima tahun ke depan diperkirakan akan diikuti dua pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur. Ada pasangan Herman Deru – Cik Ujang (HDCU) dan pasangan Mawardi Yahya – RA Anita Noeringhati (Matahati).

Pasangan Mawardi Yahya – RA Anita Noeringhati maju pada Pilkada Gubernur – Wakil Gubernur Sumsel diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar serta partai partai politik lainnya, PAN, PPP, PKB dan Partai Gelora.

Senin (26/8) pasangan Matahati diterima Ketua Umum DPP Partai Golkar yang baru Bahlil Lahadalia. Pada pertemuan yang berlangsung di DPP Partai Golkar, Bahlil Lahadalia menyerahkan langsung Surat Keputusan Persetujuan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Mawardi Yahya – RA Anita Noeringhati.

Politikus Perempuan

Pilkada Sumsel untuk memilih Gubernur – Wakil Gubernur masa lima tahun mendatang, menjadi bagian dari titi masa perjalanan karir seorang politikus perempuan yang memiliki nama lengkap RA Anita Noeringhati. Saat ini perempuan yang kerap disapa “Mbak Nita” atau “Ibu Anita” masih menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Sumsel periode 2019 – 2024.

Anita Noeringhati tercatat dalam sejarah parlemen di Sumsel sebagai perempuan pertama yangt menjabat Ketua DPRD Sumsel sejak parlemen daerah ini terbentuk tahun 1951. Anita yang tercatat sebagai anggota DPRD dari Partai Golkar menjadi ketua ke-18 yang menjabat Ketua DPRD Sumsel.

× Image