Home > Bisnis

Bulan K3 Nasional PT SMBR Tbk Berkomitmen Cegah Kejadian Fatality di Lingkungan Kerja

PT SMBR berkomitmen untuk mencegah terjadinya kejadian fatality di lingkungan kerja, dan mengidentifikasi sumber risiko kecelakaan.

Kantor Pusat PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk di Palembang. (FOTO: Maspril Aries)
Kantor Pusat PT Semen Baturaja (SMBR) Tbk di Palembang. (FOTO: Maspril Aries)

Menurut mantan GM of Maintenance PT Semen Padang, sangat penting bagi kita semua untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja dengan mematuhi aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.

Sebelumnya pada pembukaan Apel Bulan K3 Nasional di Baturaja, Direktur Operasi SMBR mengatakan, “Implementasi K3 merupakan tanggung jawab bersama perlu peran aktif seluruh pihak. Jangan biarkan terjadi kejadian fatal atau kecelakaan kerja sekecil apapun. Lakukan Safety Talk setiap hari untuk mengingatkan pekerja tentang risiko dan bahaya di area kerja”.

Pada seminar tersebut juga dilakukan sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan. Menurut Fiterman Aris dari BPJS cabang Palembang, perlindungan sosial di tempat kerja adalah hak setiap pekerja. “Melalui program BPJS Ketenagakerjaan kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan menyeluruh dan manfaat yang nyata bagi para pekerja”, katanya.

Fiterman juga berpesan, “Bekerjalah dengan aman dan nyaman tapi tetap diutamakan jaminan Ketenagakerjaan agar semua pekerja terlindungi dari resiko kecelakaan kerja”.

Pembicara Armaya Sentanu Pasek menjelaskan keselamatan adalah prioritas utama dalam lingkungan tambang. Upaya pencegahan kecelakaan dan perlindungan kesehatan para pekerja adalah komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman.

“Kerja aman dan nyaman merupakan Impian kita bersama tapi utamakan keselamatan dalam bekerja itulah yang utama khususnya pekerja tambang yang mempunyai resiko kecelakaan lebih banyak dari area lainnya”, kata Armaya.

Bulan K3 Nasional 2024 mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Menurut Basthony Santri,

SMBR pada Bulan K3 tahun ini menggelar berbagai kegiatan K3 diantaranya Nonton Bareng (Nobar) Opening Bulan K3 Nasional by SIG, Lomba Ruang Kerja dengan Kelengkapan Safety Terbaik, Webinar K3, Kegiatan Donor Darah.

Tahun ini SMBR memberikan apresiasi kepada enam personil pemadam kebakaran yang telah berdedikasi dalam membantu menjaga keselamatan dan keamanan dalam memadamkan api di lingkungan perusahaan dan kawasan masyarakat sekitarnya. (maspril aries)

× Image