Home > News

Pj Gubernur Elen Setiadi ke Pusri Tinjau Pembangunan Pabrik Pusri III B

Untuk pengembangan pertanian membutuhkan tentunya pupuk untuk percepatan tanaman pangan, pengembangan lahan.
Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi (dua dari kiri) bersama Diektur Utama Pusri Daconi (kiri) dan Deputi Kemenko Perekonomian Dida Gardera pada kunjungan ke Pusri. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)
Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi (dua dari kiri) bersama Diektur Utama Pusri Daconi (kiri) dan Deputi Kemenko Perekonomian Dida Gardera pada kunjungan ke Pusri. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

KINGDOMSRIWIJAYA, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, berkunjung ke PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri). Kunjungan Elen untuk mendamping Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Dida Gardera yang melakukan kunjungan kerja ke Sumsel sejak 8 Oktober 2024.

Dalam kunjungan ini ikut serta Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian Jekvi Hendra dan Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Tri Wahyudi Saleh. Kunjungan untuk meninjau pembangunan pabrik Pusri III B diterima Direktur Utama PT Pusri Daconi Khotob yang direksi lainnya.

Menurut Elen Setiadi, pada kunjungan ke Pusri, selain mengunjungi pabrik juga diskusi tentang perkembangan PT. Pusri ke depan. “Selain diskusi juga meninjau pembangunan pabrik yang baru yang untuk urea dan segala macam termasuk dukungan yang mereka yang diperlukan Pusri perlukan”, ujar Elen yang juga menjabat Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset dan Inovasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam kapasitas sebagai Pj Gubernur, Elen mengharapkan dukungan dari BUMN pupuk tersebut untuk Sumatera Selatan dalam hal pengembangan sektor pertanian yang membutuhkan ketersediaan pupuk.

“Untuk pengembangan pertanian membutuhkan tentunya pupuk untuk percepatan tanaman pangan, pengembangan lahan dan lain sebagainya yang nanti akan membutuhkan pupuk sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan hasil produksi pertaniaan kita”, ujarnya.

Elen juga menyampaikan komitmen mendorong percepatan realisasi Pelabuhan Tanjung Carat yang sudah dinantikan PT Pusri dan masyarakat luas. Mengingat pelabuhan laut begitu dibutuhkan Pusri karena pelabuhan yang ada sudah tidak memadai untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurut Pj Gubernur Sumsel, pembangunan Tanjung Carat menjadi salah satu menjadi salah satu poin penting yang akan terus dikebut pembangunannya. “Nanti kalau Tanjung Carat jadi kita bisa kembangkan dan Pusri akan ikut disana untuk mendukung. Mereka juga bisa mengembangkan pabrik baru lainnya sehingga itu bisa mendukung pertanian kita juga”, ujarnya. (maspril aries)

× Image