Home > Bisnis

Brand Kopi Sumsel Sepeninggal Agus Fatoni Ada Kopi Laut

Ada tidak adanya Agus Fatoni di Sumsel, bahwa faktanya Provinsi Sumsel adalah daerah produsen kopi terbesar di Indonesia, tetapi ironi, kopi yang dihasilkan tidak memiliki brand alias merek dagang.

Kopi robusta dari petani Pagaralam yang kini tengah panen. (FOTO: FB Ahmad Nizom)
Kopi robusta dari petani Pagaralam yang kini tengah panen. (FOTO: FB Ahmad Nizom)

Namun kini, sang pemrakarsa brand Kopi Sumsel tersebut tidak lagi di sini. Sejak 24 Juni 2024 Agus Fatoni sudah pindah dari Sumsel dan kini menjadi Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut). Lantas, bagaimana nasib Kopi Sumsel sepeninggal Agus Fatoni?

Produsen Terbesar

Ada tidak adanya Agus Fatoni di Sumsel, bahwa faktanya Provinsi Sumsel adalah daerah produsen kopi terbesar di Indonesia, tetapi ironi, kopi yang dihasilkan tidak memiliki brand alias merek dagang seperti kopi dari daerah lainnya. Brand itu baru dideklarasi pada tahun 2024.

Sebelum berbicara brand Kopi Sumsel dan nasibnya ke depan, mari cek dulu data produksi kopi dari Sumsel. Berdasarkan data “Provinsi Sumatera Selatan dalam Angka 2024” yang diterbitkan BPS Sumsel, luas tanaman kopi tahun 2022 adalah 267.867 hektare (ha) dan tahun 2023 seluas 267.187 ha. Dari 17 kabupaten dan kota hanya 12 daerah yang ada tanaman komoditi kopi.

Untuk produksi kopi dari Sumsel tahun 2022 sebanyak 206.307 dan tahun 2023 menjadi 198.015 ton. Sementara itu dalam buku “Statistik Perkebunan Unggulan Nasional tahun 2021 – 2023” produksi kopi Sumsel tahun 2023 sebanyak 212.612 ton dengan luas perkebunan kopi yang merupakan kopi rakyat seluas 269.545 Ha. Jumlah itu melebihi produksi kopi Provinsi Lampung pada tahun tersebut sebanyak 116.793 ton dengan luas lahan perkebunan kopi 157.503.

Bahwa produksi dan luas kebun kopi di Sumsel melebihi dari yang ada di Provinsi Lampung itu adalah fakta, dan kabar bahwa “Sumsel Punya Kopi, Lampung Punya Nama” itu isu lama yang terus diulang-ulang seolah itu berita yang “hot issue”.

Yang kini menjadi hot issue sesungguhnya, adalah bagaimana mendongkrak brand Kopi Sumsel sama dikenal di dunia oleh para penikmat kopi? Bagaimana Kopi Sumsel bisa sejajar dengan brand adal Indonesia yang sudah mendunia seperi, Kopi Luwak, Kopi Toraja, Kopi Papua, Kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Bajawa Flores, Kopi Kerinci, Kopi Sumatra Mandheling, Kopi Sulawesi, dan Kopi Java, baik arabika maupun robusta, merupakan kebanggaan dari pulau Jawa. Dengan rasa yang kompleks dan sedikit sentuhan rasa pra-matang yang khas, kopi ini menciptakan pengalaman minum kopi yang istimewa bagi para pecinta kopi.

× Image