Home > Budaya

Sekura: Sebuah Pesta Rakyat dari Lampung (Hanya ada Pada Idul Fitri)

Pesta rakyat Sekura ini merupakan kegiatan adat budaya yang menarik dan mencerminkan nilai-nilai seni kreatif.

Topeng kayu Sekura. (FOTO : Yolda Marizka/ Dok. Zulkarnain Zubairi)
Topeng kayu Sekura. (FOTO : Yolda Marizka/ Dok. Zulkarnain Zubairi)

Peserta pesta Sekura menggunakan topeng yang menggambarkan karakter manusia tertentu, dipadukan dengan tingkah laku dan kelengkapan tata busana. Peserta pesta Sekura melakukan parade keliling kampung. Masing-masing Sekura juga memainkan atraksi kesenian, antara lain bermain musik, berjoget dan pencak silat. Puncak acara diramaikan lomba memanjat pohon pinang. Bagi bujang gadis, sekuraan dijadikan pula sebagai ajang pertemuan komunikasi mencarai jodoh. Juga terdengar pantun yang menggambarkan suasana keakrabanjuga menjadi perekat menciptakan hubungan antara bujang-gadis.

Berikut contoh pantunnya:

Tabik-tabik si daun kacang

Batang kuning sampiran kain

Tabik-tabik yang punya kampung

Sikam datang numpang bermain

(Permisi si daun kacang

Batang kuning sampiran kain

Permisi pada yang punya kampung

Kami datang numpang bemain)

Sekura dan Jenisnya

Seseorang dapat disebut ber-sekura apa bagian atau seluruh wajahnya sudah tertutup. Penutup muka dapat berbentuk polesan dan sesuatu benda yang dirapatkan atau menekan pada wajah. Bahan polesan berupa dandanan pupur, coretan pada wajah. Benda yang menekan pada wajah berupa kaca mata, kain sarung atau topeng kayu yang dipahat dalam ekspresi wajah tertentu.

Konteks penggunaan istilah Sekura adalah acara pesta Sekura, dalam jangka waktu seminggu sebelum dan sesudah acara tersebut berlangsung. Apa bila ada yang memakai penutup wajah di luar jangka waktu pesta Sekura tentu tidak dapat disebut orang itu sudah ber-sekura.

Istilah Sekura menunjuk pada benda penutup wajah yang terbuat dari sepotong kayu, diukir dalam ekspresi yang menggambarkan sifat dan tingkah laku manusia. Ekspresi tersebut memiliki nama dan makna simbolis khusus. Dalam pengertian umum Sekura disebut juga topeng kayu.

× Image