Home > Eduaksi

Hibah 60 Artefak Sriwijaya dari Pensiunan KPPN untuk FKIP Unsri

Universitas Sriwijaya dengan nama dan lokasinya mengemban dan harus mengedepankan data-data, koleksi, pusat pendidikan tentang Kedatuan Sriwijaya.

Menurut Hudaidah, artefak untuk pembelajaran sejarah di Sumatera Selatan ini cukup banyak. Karena sejarah Sumatera Selatan mulai dari masa Sriwijaya, Kesultanan Palembang, dan kolonial cukup panjang.

“Namun artefak ini membutuhkan ruang penyimpan, seperti laboratorium sejarah di sekolah. Jika guru sejarah di Sumatera Selatan memiliki inisiatif membuat laboratorium sejarah sekolah. Saya yakin berbagai temuan artefak di Sumatera Selatan, termasuk hibah para kolektor seperti Pak Ibraim. Dapat dikoleksi oleh laboratorium sejarah di sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Selatan”, katanya.

Sementara itu anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Palembang sekaligus dosen UIN Raden Fatah Palembang, Jumanah dalam paparannya mensosialisasikan tentang Undang-Undang No 11/2010 dan PP No 1/2022 tentang Cagar Budaya yang direlasikan dengan artefak sebagai sumber pembelajaran sejarah.

“Cagar budaya ini adalah kekayaan budaya bangsa. Termasuk salah satunya artefak. Selain harus dilindungi. Berbagai cagar budaya dan artefak ini bisa menjadi sumber pembelajaran. Baik di perguruan tinggi maupun di sekolah”, katanya.

TACB Kota Palembang saat ini terus mensertifikasi agar banyak situs, bangunan serta benda sejarah di Kota Palembang dapat dijadikan Cagar Budaya. “Tahun ini ada tiga yang diusulkan Museum SMB II, Kantor Walikota Palembang, dan Rumah Jaksa di Talang Semut”, ujar dosen Prodi Hukum Pidana Islam UIN RF Palembang.

Menurut Jumanah TACB Kota Palembang akan mendata dan mensertifikasi lagi berbagai benda cagar budaya di Kota Palembang agar setiap tahun lebih banyak lagi Cagar Budaya di kota kita Palembang.

Menurut Kepala Laboratorium Pendidikan Sejarah FKIP Unsri, Dedi Irwanto, laboratorium sejarah memberi inspirasi tidak saja kepada mahasiswa sejarah. Namun juga pada penggiat sejarah di Sumatera Selatan. (D Oskandar)

× Image