Home > Politik

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Dua Kali Jadi Guru Pendidikan Politik Gen-Z

Di Sumsel pada Pemilu 2024 ada sebanyak 18,84 persen atau sebanyak 1.192.024 orang pemilih merupakan generasi Z atau pemilih pemula.
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tengah) pada pendidikan politik pemilih pemula. (FOTO-FOTO: Humas Pemprov Sumsel)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tengah) pada pendidikan politik pemilih pemula. (FOTO-FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

KINGDOMSRIWIJAYA – Menjelang hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membagi perhatiannya pada pendidikan politik untuk para pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya di bilik-bilik suara guna memilih presiden dan wakil presiden, anggota legislatif DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota.

Perhatian itu terlihat saat Agus Fatoni memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula yang kerap diidentikan dengan Generasi Z atau Gen-Z. Dua kali Pj Gubernur Agus Fatoni memberikan pendidikan politik kepada anak-anak muda yang seluruhnya masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat dan telah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024.

Pertama, Agus Fatoni hadir sebagai “guru pendidikan politik” pada Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula (Pelajar SLTA) se-Sumatera Selatan pada 18 Januari 2024 yang berlangsung di komplek Asrama Haji, Palembang. Kedua, Pj Gubernur Sumsel tersebut hadir pada acara “Demi Indonesia Cerdas Memilih di Kota Palembang” yang berlangsung 22 Januari 2024.

Menurut Agus Fatoni, di Sumsel pada Pemilu 2024 ada sebanyak 18,84 persen atau sebanyak 1.192.024 orang pemilih merupakan generasi Z atau pemilih pemula. “Adik-adik sangat berperan dalam menentukan keberlangsungan bangsa kita satu suara dari kalian sangat berarti”, katanya memberi semangat di hadapan para pemilih pemula yang datang menggunakan seragam sekolahnya masing-masing.

Saat menyampaikan pidatonya, tak ada terselip satu kata pun yang bernuansa kampanye untuk memilih calon tertentu dari bibir Agus Fatoni. Yang disampaikannya layaknya seorang guru berisi ajakan atau pendidikan politik. Bukan orasi politik.

× Image