Home > Literasi

50 Tahun Emas TVRI Sumsel ada Bincang Buku Bernalar Sebelum Klik Bersama Wamen Kominfo

Buku Bernalar Sebelum Klik merupakan buku panduan literasi digital untuk bijak dalam menggunakan media sosial dalam memproduksi sebuah informasi dan menyebarkannya.
Bincang buku dalam rangka 50 Tahun emas TVRI Sumsel dengan lima pembicara. (FOTO: Aina RA)
Bincang buku dalam rangka 50 Tahun emas TVRI Sumsel dengan lima pembicara. (FOTO: Aina RA)

KINGDOMSRIWIJAYA – Buku berjudul “Bernalar Sebelum Klik Panduan Literasi Digital” ditulis Agus Sudibyo telah diluncurkan di Jakarta pada 18 Desember 2023. Peluncuran oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nezar Patria.

Pada akhir pekan ini, Sabtu (27/1) untuk pertama kali buku tersebut didiskusikan di luar Jakarta tepatnya di Palembang, Diskusi buku “Bernalar Sebelum Klik” sebagai bagian dari rangkaian peringatan 50 Tahun Emas TVRI Sumatera Selatan (Sumsel).

Hadir sebagai pembicara Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, penulis buku Agus Sudibyo, Penjabat Gubernur Sumsel yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Rika Efianti, jurnalis senior penggiat literasi Maspril Aries serta Hadi Prayogo senior Sriwijaya Post dan Tribun Sumsel.

Menurut Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, buku “Bernalar Sebelum Klik” merupakan buku panduan literasi digital untuk bijak dalam menggunakan media sosial dalam memproduksi sebuah informasi dan menyebarkannya.

Ia juga mengingatkan dalam bermedia sosial masyarakat juga harus bisa menjaga data pribadi agar tidak menjadi korban dari para oknum yang melakukan data mining di Indonesia.

“Kita harus hati-hati betul soal data, karena merupakan bahan bakar baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna internet untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Saya harap kita semua dapat menjaga data pribadi kita di medsos, pemerintah juga selalu akan memperkuat keamanan internet mengikuti perkembangan dari teknologi yang semakin maju”, katanya.

× Image