Home > Lingkungan

Randy Moore: Saya akan kembali ke Amerika Mengambil Kisah Sukses dari Indonesia

Kawan baru saya, Menteri Siti Nurbaya telah melakukan pekerjaan yang luar biasa.
Usai penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Kepala/Chief Kehutanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (US Forest Service/USFS) Randy Moore. (FOTO: Humas Kementerian LHK)
Usai penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Kepala/Chief Kehutanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (US Forest Service/USFS) Randy Moore. (FOTO: Humas Kementerian LHK)

KINGDOMSRIWIJAYA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya awal pekan ini kedatangan tamu dari Amerika Serikat (AS). Tamunya tersebut Kepala Badan Kehutanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (US Forest Service/USFS) Randy Moore.

Randy Moore berkunjung ke Indonesia selain ke Jakarta juga diajak Menteri Siti Nurbaya ke Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (24/1). Dalam kunjungan tersebut Chief Randy datang ke Lembaga Pemerintah Hutan Desa (LPHD) Tuwung, Kabupaten Pulang Pisau, Desa Karang Bengkirai, Kota Palangkaraya, serta kawasan Taman Nasional (TN) Sebangau.

Di Kalteng, Randy Moore dan rombongan melihat langsung kisah sukses praktik lapangan yang dilakukan oleh LPHD. Di LPHD Tuwung melihat langsung kisah sukses daerah yang dahulu menjadi salah satu lokasi yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan, kini berubah menjadi desa yang produktif.

LPHD Tuwung saat ini telah memiliki Empat Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS), yaitu perikanan/silvofishery; budidaya madu kelulut; kerajinan hasil hutan bukan kayu; dan peternakan. Pada kesempatan ini, rombongan meninjau satu persatu produk dan tempat KUPS LPHD Tuwung. Dari sini rombongan mengunjungi Desa Kereng Bangkirai untuk melihat salah satu lokasi pengelolaan hidrologis gambut.

Di desa ini Chief Randy Moore menyaksikan paparan dari beberapa unit teknis Kementerian LHK dan BRGM (Badan Restorasi Gambut Mangrove) atas pekerjaan yang dilakukan, khususnya dalam hal pengendalian karhutla, penegakkan hukum, serta pengendalian tinggi muka air tanah pada lahan gambut.

Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah kawasan TN Sebangau. Di sini Menteri Siti Nurbaya dan rombonongan berhenti sejenak untuk menabur bunga, mengenang para korban kecelakaan di TN Sebangau.

× Image